Bagaimana Keamanan Data Pelanggan Dengan Menyewa Data Center?

Bukan tidak mungkin jika setiap perusahaan selalu berharap bahwa bisnisnya akan beroperasi setiap saat dengan waktu yang tidak terbatas dan transaksi yang tidak ternilai. Banyak juga pengusaha yang berharap dapat menggerakkan bisnisnya saat mereka berada dimanapun terutama bagi mereka yang menjalankan bisnis secara online. Untuk hal yang satu ini, anda tidak perlu khawatir jika anda memiliki keterbatasan dalam mengakses bisnis anda. Anda mungkin akan mencemaskan tentang keamanan data anda, tetapi jika anda menggunakan data center dari bacaan tambahan kekhawatiran ini dapat anda eliminasi dengan cepat. Anda bisa memilih data center yang telah memiliki lisensi dan sertifikasi TIER III maupun TIER IV dengan jalur listrik yang berbeda sehingga akan memungkinkan data-data anda berjalan dengan selamat.

Hal lain yang perlu anda pikirkan adalah jangan melupakan dimanal letak data center berada karena data center yang baik harus memiliki kriteria standarisasi Indonesia seperti tidak berada di jalur gempa bumi atau tsunami, tidak berada di wilayan yang rawan banjir, dan dibangun diatas permukaan yang tinggi minimal 2 meter. Standarisasi data center Indonesia ini harus dipenuhi karena jika tidak maka akan merugikan anda dan pelanggan yang akan menyewa jasa anda. Standarisasi yang sering dilupakan mungkin adalah jauh dari jalur penerbangan pesawat dan yang pasti mudah untuk diakses. Untuk keseluruhan standarisasi ini sudah terdapat di colocation server sebagai pilihan data center untuk anda.

Faktor lain yang membuat data center menjadi standar lokal terbaik adalah memiliki sistem pengamanan yang baik. Standarisasi terbaik ini dimulai dari segi infrastruktur, akses karyawan maupun pengunjung dan berada di gedung dengan pengamanan yang tinggi. Biasanya gedung-gedung data center dilengkapi dengan sensor biometric yang mana merupakan pengamanan standar dari data center di seluruh dunia. Keamanan ini jelas menjadi pertimbangan utaa karena data center menyimpan banyak data dari sistem aplikasi untuk melayani jutaan orang sehingga point ini harus menjadi perhatian lebih bagi para pengusaha dan pengelola data center.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *